Jumat, 22 Mei 2015

Poligami dalam alkitab

Menjawab masalah poligami yang sering dijadikan permasalahan oleh orang kristen.orang kristen sangat gerah jika mendengar kata poligami.
Padahal sangat jelas dan banyak ayat" dalam alkitab bahawa semua nabi mepakukan poligami. Dan Allah tidak pernah marah akan hal itu. Sebelum saya ,menjawab permasalahan tersebut saya ingin mengajak umat kristen untuk berfikir.
*
*
Mari pergunakan akalnya. Orang kristen sangat mempermasalahkan poligami.Mari baca dan renungkan ayat ini.
*
*
Berikut ayatnya:
*
*
"Setiap orang yang menceraikan istrinya, maka ia hidup dalam perzinahan terhadap istrinya itu. Dan siapapun yang kawin dengan perempuan itu, ia berbuat zinah!" (lihat Matius 1-9;  dam lihat juga Markus 10:1-12).
*
*
Sangat jelas apa yang yesus katakan pada ayat diatas.
*
*
Yesus berkata :Jika ada se"orang menikah lantas orang itu cerai. Dan dia menikah lagi baik itu laki" dan perempuannya dengan pasangan lainnya
*
*
Maka keduanya telah melakukan perzinahan jika menikah lagi.
*
*
Menurut saya Kasihan ya orang" kristen yang telah bercerai terus menikah lagi. Sampai mati kedua telah melakukan perzinahan.
*
*
Andai orang kristen mau menggunakan hati dan akal maka kalian akan mememukan suatu kebenaran bahwa ayat diatas sangat erat kaitannya dengan poligami.
*
*
Coba dipikir dengan hati yang bersih. jika umat islam menikah lagi dengan persetujuan yang jelas. Dari istri pertama dan mampu bersikap adil. Baik secara lahir maupun batin. Tanpa harus menceraikan istrinya.
*
*
Menurut kalian ayat diatas lebih berlaku kearah mana....?
*
*
Lebih berlaku kearah Pologami tanpa menceraikan istrinya maka dia tidak disebut seorang penzinah..?
*
*
ATAU
*
*
LEBIH BERKLAKU PADA ARAH MENIKAH LAGI TANPA POLIGAMI. Lantas disebut seorang penzinah seumur hidup karena menikah lagi dengan orang lain...?
*
*
Bagaimana bisa jawab tidak lebih berlaku kearah mana ayat diatas...?
*
*
Sekarang mari kita baca ayat demi ayat dalam alkitab kalian ini  yang mana diBible tertulis jelas tuntunan tentang poligami silahkan baca ayat"nya sbb:
*
*  
Ulangan 21 : 15-16
"Apabila seorang mempunyai dua orang isteri, yang seorang dicintai dan yang lain tidak dicintainya, dan mereka melahirkan anak-anak lelaki baginya, baik isteri yang dicintai maupun isteri yang tidak dicintai, dan anak sulung adalah dari isteri yang tidak dicintai,"
"maka pada waktu ia membagi warisan harta kepunyaannya kepada anak-anaknya itu, tidaklah boleh ia memberikan bagian anak sulung kepada anak dari isteri yang dicintai merugikan anak dari isteri yang tidak dicintai, yang adalah anak sulung."
*
*
Keluaran 21 : 10
"Jika tuannya itu mengambil perempuan lain, ia tidak boleh mengurangi makanan perempuan itu, pakaiannya dan persetubuhan dengan dia."
*
*
Ayat" diatas Ini adalah bukti bahwa Bible tidak melarang poligami. Seandainya Bible melarang poligami tentu tidak akan ada ayat menyampaikan tetang tuntunan dalam berpoligami seperti ayat-ayat di atas.
Dalam ayat lain lain Bible juga menceritakan pelaku poligami yang pertama adalah Lamekh yang memiliki istri dua orang, Kejadian 4 : 19 "Lamekh mengambil isteri dua orang; yang salah satu namanya Adalah Zila."
*
*
Sekarang lahkan baca Kidung Agung 6 : 8-9 sbb:
*
*
"Permaisuri ada enam puluh, selir delapan puluh, dan dara-dara tak terbilang banyaknya."
"Tetapi dialah satu-satunya merpatiku, idam-idamanku, satu-satunya anak ibunya, anak kesayangan bagi yang melahirkannya; puteri-puteri melihatnya dan menyebutnya bahagia, permaisuri-permaisuri dan selir-selir memujinya."
*
*
Silahkan hitung berapa jumlahnya. Bila Bible menentang poligami tentu akan ada ayat yang menyatakan larangan beristri lebih dari satu. Dan faktaya tidak ada satupun ayat dalam Bible yang melarang poligami.
Legalnya poligami ini juga didukung fakta di dalam Bible, bahwa Nabi Yakub juga berpoligami. Nabi Yakub memiliki empat istri, yaitu Lea, Rahel, Bilha dan Zilpa ayatnya sbb:
*
*
Kejadian 29 : 28-30
"Maka Yakub berbuat demikian; ia menggenapi ketujuh hari perkawinannya dengan Lea, kemudian Laban memberikan kepadanya Rahel, anaknya itu, menjadi isterinya."
"Lagipula Laban memberikan Bilha, budaknya perempuan, kepada Rahel, anaknya itu, menjadi budaknya."
"Yakub menghampiri Rahel juga, malah ia lebih cinta kepada Rahel dari pada kepada Lea. Demikianlah ia bekerja pula pada Laban tujuh tahun lagi."
*
*
Kejadian 30 : 4-5
"Maka diberikannyalah Bilha, budaknya itu, kepada Yakub menjadi isterinya dan Yakub menghampiri budak itu."
"Bilha mengandung, lalu melahirkan seorang anak laki-laki bagi Yakub."
*
*
Kejadian 30 : 9-10
"Ketika dilihat Lea, bahwa ia tidak melahirkan lagi, diambilnyalah Zilpa, budaknya perempuan, dan diberikannya kepada Yakub menjadi isterinya."
"Dan Zilpa, budak perempuan Lea, melahirkan seorang anak laki-laki bagi Yakub."
*
*
Ayat" diatas sangatlah jelas bahwa yakub juga poligami dan Jejak Nabi Yakub tersebut ditiru oleh anaknya yaitu Esau, yang mana dia menikah dengan dua perempuan Kanaanm yaitu Ada dan Oholibama (Kejadian 36 : 2-10). Kemudian ayat Bible juga menceritakan bahwa Salomo alias Nabi Sulaiman punya 700 istri dan 300 gundik (I Raja-raja 11 : 1-3). Dan masih banyak ayat lain yang memberitakan tentang poligami.
Nabi Salomo (Sulaiman) dalam Bibel diceritakan sebagai nabi superpoligami dengan koleksi istri terbanyak di dunia. Tuhan juga tidak mencelanya, sebagai tindakan maksiat. Tuhan justru menyayangi Salomo sebagai orang yang sudah dipilih Tuhan sejak bayi menjadi hamba-Nya yang akan mendirikan Bait Allah baca (I Tawarikh 22 : 9-10).
*
*
Pada masa Yesus, jika praktik poligami ini tercela dan harus dihapus, pasti Yesus menyikapinya dengan tegas. Ternyata, Yesus tidak pernah menghapus aturan tentang poligami yang diterapkan para Nabi terdahulu. “Janganlah kamu menyangka, bahwa aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya,” (Matius 5 : 17).
*
*
Renungkanlah dengan pikiran dan hati yang jernih, gunakanlah akal pikiran yang Allah berikan kepada kita.
*
*
Ahir kata cukup sekian.
Wassalam.

7 komentar:

  1. dalil anda tidak lah kuat, Yesus datang untuk mengembalikan hukum awal Tuhan dengan manusia, dengan perkawinan monogami. Walaupun seolah di kitab perjanjian lama seolah seakan diijinkan berpoligami.Tetapi kehendak Allah tidaklah demikian. Hanya ketegaran, kekeraskepalaan manusia yang membuat jadi demikian. Manusia yang berkehendak bebas yang mengikuti nafsu lah yang menjadikan poligami itu ada. Kemudian sampai Yesus datang di perjanjian baru. Mengembalikan hukum awal Tuhan yang berkehendak agar manusia ber-monogami. Akhirnya ya sesuai kan kalau diterapkan di zaman sekarang. Poligami lebih cenderung ke arah pertikaian, ketidak adilan, cemburu, dll. Poligami bukanlah kehendak Allah dari semula, hanya hukum duniawilah dari perjanjian lama, sehingga banyak nabi2 dari perjanjian lama yang terjebak di dalamnya. Sejak semula hukum Tuhan tidak lah demikian, hanya berMonogami lah yang dikehendaki Allah. Oleh karena itu ketika Yesus mengatakan Aku datang bukan menghapuskan hukum Taurat namun menggenapinya. Maksudnya, yang dikatakan Yesus itu Hukum Taurat awal mula 10 perintah Allah melalui Musa. Dikatakan jangan berzinah.. termasuk poligami, dll.. Disini Yesus menegaskan kembali berpoligami itu tidak dikehendaki Allah. Hanya Satu Pria dan Satu Wanita yang akah bersatu dan tidak dapat diceraikan. Itu saja. Tuhan memberkati..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lalu yesus tidak menikah kenapa kalian menikah, ente waras..?

      Hapus
    2. Hukum taurat yg ke 1 saja d ingakari

      Hapus
  2. deddysusanto, dalil anda malah sangat tidak kuat, Yesus datang tidak untuk meniadakan hukum taurat melainkan untuk menggenapinya, tiada satu pun hukum taurat yang dihilangkan oleh Yesus....itu ada di kitab injil anda sendiri....kalo Al Quran sdh jelas tidak perlu dibantah lagi.....

    BalasHapus
  3. Kalau itu bukan kehendak Tuhan tentu sudah lama Dia membantah perbuatan tersebut..Dan sudah pasti hal tersebut tidak berlarutan sampai ke zaman Nabi Daud.Tidak logik sekiranya Dia berkuasa melarang dan menerintah Nabi nabi dan Yahudi dengan puluhan perintah darinya tapi tidak berkuasa mengungkap satu larangan agar tdk berpoligami,Sehingga Abraham mengambil isteri yg ke-3 pon larangan itu masih lagi tdk diungkapkan.Dan sebaliknya Dia sendiri telah mengatur Urusan dalam berpoligami bagi siapa yg mempunyai ramai isteri(Ulangan 21:15-16).Sebenarnya Kristian penyembah berhala saja yang memandai mandai menyangka poligami bukan kehendak Tuhan.

    BalasHapus
  4. Mana larangan dalam alkitab beristri lebih dari satu?

    BalasHapus
  5. Intinya Tdk ada satupun ayat yesus mengatakan apa yg telah dilakukan nabi nabi terdahulu yai berpoligami adalah perbuatan tercelah dan Allah melarangnya..👍

    BalasHapus