Kamis, 26 Maret 2015

KRISTEN BERKATA ESA Suatu kesatuan

SEKARANG MARI KITA ULAS SEMUA ITU KITA MULAI ARTI DARI ECHAD [Ahad] MENURUT AL-QUR'AN

kata אחד di dalam Al Qur'anul kariim padanan nya adalah sama dengan kata احد dalam bahasa 'arab. Kedua kata ini sama sama bermakna SATU, atau lebih tepatnya adalah SENDIRI.

Pengertian ini dapat kita temui dalam Al-Qur'anul kariim, ALLAH AZZA WAJALLA berfirman:

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ -١- اللَّهُ الصَّمَدُ -٢- لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ -٣- وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُواً أَحَدٌ -٤-

Katakanlah: "Dialah Allah, Yang Maha Esa [ACHAD]

"Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan, dan tidak ada seorangpun (ACHAD) yang setara dengan Dia." [QS. Al Ikhlash:1-4]

Makna ACHAD pada ayat pertama, bermakna NUMERIK yaitu SATU, sedangakan pada ayat keempat bermakna MUTLAK DIRI yaitu "SENDIRI"

Benarkan kata ACHAD dalam bahasa 'arab bermakna SENDIRI?

Perhatikan ayat dibawah ini. Ini adalah pecahan dari kata احد

أَحَدُهُمْ
أَحَدَهُمُ
Achadu-hum
Achadahumu
Artinya: seseorang dari mereka

حَتَّىٰ إِذَا جَاءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ [٢٣:٩٩]

(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka (ACHADUHUM), dia berkata: "Ya Rabb-ku kembalikanlah aku (ke dunia), (QS. Al Mu'minuun:99)

أَحَدٍ
أَحَدًا
أَحَدَ

Achadin
Achadan
Achada
Artinya: seorang

فَمَا مِنكُم مِّنْ أَحَدٍ عَنْهُ حَاجِزِينَ [٦٩:٤٧]

Maka sekali-kali tidak ada seorangpun (ACHADIN) dari kamu yang dapat menghalangi (Kami), dari pemotongan urat nadi itu. (QS. Al Haqqah:47)

أَحَدَكُمُ
أَحَدُكُمْ
أَحَدَكُم
Achadukum
Achada-kumu
Artinya: seorang dari kamu

وَهُوَ الْقَاهِرُ فَوْقَ عِبَادِهِ ۖ وَيُرْسِلُ عَلَيْكُمْ حَفَظَةً حَتَّىٰ إِذَا جَاءَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ تَوَفَّتْهُ رُسُلُنَا وَهُمْ لَا يُفَرِّطُونَ [٦:٦١]

Dan Dialah yang mempunyai kekuasaan tertinggi di atas semua hamba-Nya, dan diutus-Nya kepadamu malaikat-malaikat penjaga, sehingga apabila datang kematian kepada salah seorang di antara kamu (AHADUKUMU), ia diwafatkan oleh malaikat-malaikat Kami, dan malaikat-malaikat Kami itu tidak melalaikan kewajibannya. (QS. Al An'aam:61)

إِحْدَاهُمَا
Ichdaa-humma
Artinya: salahsatu dari dua orang (Feminim)"

فَجَاءَتْهُ إِحْدَاهُمَا تَمْشِي عَلَى اسْتِحْيَاءٍ قَالَتْ إِنَّ أَبِي يَدْعُوكَ لِيَجْزِيَكَ أَجْرَ مَا سَقَيْتَ لَنَا ۚ فَلَمَّا جَاءَهُ وَقَصَّ عَلَيْهِ الْقَصَصَ قَالَ لَا تَخَفْ ۖ نَجَوْتَ مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ [٢٨:٢٥]

Kemudian datanglah kepada Musa salah seorang dari kedua (Ichdahuma) wanita itu berjalan kemalu-maluan, ia berkata: "Sesungguhnya bapakku memanggil kamu agar ia memberikan balasan terhadap (kebaikan)mu memberi minum (ternak) kami". Maka tatkala Musa mendatangi bapaknya (Syu'aib) dan menceritakan kepadanya cerita (mengenai dirinya), Syu'aib berkata: "Janganlah kamu takut. Kamu telah selamat dari orang-orang yang zalim itu." (QS. Al Qashash:25)

أَحَدٌ
Achadun
Artinya: seorang pun

وَلَا يُوثِقُ وَثَاقَهُ أَحَدٌ [٨٩:٢٦]

dan tiada seorangpun (achadun) yang mengikat seperti ikatan-Nya. (QS. Al Fajr:26)

أَحَدِهِم
Achadihim
أَحَدُهُم
achaduhum
أَحَدِهِمْ
Achadihim
Artinya: seorang dari mereka

وَالَّذِينَ يَرْمُونَ أَزْوَاجَهُمْ وَلَمْ يَكُن لَّهُمْ شُهَدَاءُ إِلَّا أَنفُسُهُمْ فَشَهَادَةُ أَحَدِهِمْ أَرْبَعُ شَهَادَاتٍ بِاللَّهِ ۙ إِنَّهُ لَمِنَ الصَّادِقِينَ [٢٤:٦]

Dan orang-orang yang menuduh isterinya (berzina), padahal mereka tidak ada mempunyai saksi-saksi selain diri mereka sendiri, maka persaksian orang itu ialah empat kali bersumpah dengan nama Allah, sesungguhnya dia adalah termasuk orang-orang yang benar. (QS. An-Nur:6)

إِحْدَاهُنَّ
Ichdaahunna
Artinya: seseorang dari mereka (feminim)

وَإِنْ أَرَدتُّمُ اسْتِبْدَالَ زَوْجٍ مَّكَانَ زَوْجٍ وَآتَيْتُمْ إِحْدَاهُنَّ قِنطَارًا فَلَا تَأْخُذُوا مِنْهُ شَيْئًا ۚ أَتَأْخُذُونَهُ بُهْتَانًا وَإِثْمًا مُّبِينًا [٤:٢٠]

Dan jika kamu ingin mengganti isterimu dengan isteri yang lain, sedang kamu telah memberikan kepada seseorang di antara mereka harta yang banyak, maka janganlah kamu mengambil kembali dari padanya barang sedikitpun. Apakah kamu akan mengambilnya kembali dengan jalan tuduhan yang dusta dan dengan (menanggung) dosa yang nyata? (QS. An Nisa:20)

أَحَدِهِمَا
Achadi-hima
أَحَدُهُمَا
Achadu-huma
أَحَدُهُمَا
Artinya: seorang dari dua orang

۞ وَاتْلُ عَلَيْهِمْ نَبَأَ ابْنَيْ آدَمَ بِالْحَقِّ إِذْ قَرَّبَا قُرْبَانًا فَتُقُبِّلَ مِنْ أَحَدِهِمَا وَلَمْ يُتَقَبَّلْ مِنَ الْآخَرِ قَالَ لَأَقْتُلَنَّكَ ۖ قَالَ إِنَّمَا يَتَقَبَّلُ اللَّهُ مِنَ الْمُتَّقِينَ [٥:٢٧]

Ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putera Adam (Habil dan Qabil) menurut yang sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan korban, maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (ACHADI-HIMA) (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). Ia berkata (Qabil): "Aku pasti membunuhmu!". Berkata Habil: "Sesungguhnya Allah hanya menerima (korban) dari orang-orang yang bertakwa." (QS. Al Maidah:27)

إِحْدَى
Ichda
Artinya: SALAH SATU

إِنَّهَا لَإِحْدَى الْكُبَرِ [٧٤:٣٥]

Sesungguhnya Saqar itu adalah salah satu (ICHDA) bencana yang amat besar, (QS. Al Mudattsir:35)

أَحَدُكُمَا
Achadu-kumaa
Artinya: salah seorang dari dua orang

وَأَنفِقُوا مِن مَّا رَزَقْنَاكُم مِّن قَبْلِ أَن يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَىٰ أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُن مِّنَ الصَّالِحِينَ [٦٣:١٠]

Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu (achadukuma); lalu ia berkata: "Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?" (Al Munafiqun:10)

أَحَدَنَا
Achad-anaa
Artinya: seorang dari kami

قَالُوا يَا أَيُّهَا الْعَزِيزُ إِنَّ لَهُ أَبًا شَيْخًا كَبِيرًا فَخُذْ أَحَدَنَا مَكَانَهُ ۖ إِنَّا نَرَاكَ مِنَ الْمُحْسِنِينَ [١٢:٧٨]

Mereka berkata: "Wahai Al Aziz, sesungguhnya ia mempunyai ayah yang sudah lanjut usianya, lantaran itu ambillah salah seorang diantara kami (Achada-na) sebagai gantinya, sesungguhnya kami melihat kamu termasuk oranng-orang yang berbuat baik." (QS. Yusuf:78)

ShodaqAllaahul 'adzhiim bi Kulli kalaamih
Maha Benar ALLAH Maha Agung dengan segala Firman-Nya

KESIMPULAN:
Dari penjelasan tentang ayat-ayat di atas jelas bahwa kata ACHAD [احد] dalam bahasa 'Arab bukan bermakna kolektif SATU KESATUAN melainkan Individual ESA (SATU) yaitu SENDIRI.

ALLAH itu ACHAD, jelas bermakna DIA HANYA SENDIRI yaitu SATU INDIVIDU, SATU-SATUNYA PRIBADI (yang memiliki bermacam SIFAT). Lalu bagaimana kata ECHAD dalam bahasa ibrani?

ECHAD MENURUT KITAB TANA'KH

Word: אחד
Pronounc: ekh-awd'
Strong: ‪#‎h259‬
Transliter:
a numeral from 0258 (אחד) ; TWOT-61; adj

AV-one 687, first 36, another 35, other 30, any 18, once 13, eleven + 06240 (עשר)13), every 10, certain 9, an 7, some 7, misc. 87; 952

1) one (number)
1a) one (number)
1b) each, every
1c) a certain
1d) an (indefinite article)
1e) only, once, once for all
1f) one...another, the one...the other, one after another, one by one
1g) first
1h) eleven (in combination), eleventh (ordinal)

Sekarang, coba jawab sendiri, dari kamus lexicon di atas adakah kata SATU KESATUAN?

Genesis 1:5 יוֺם אֶחָד:
YOM ECHAD
"Hari PERTAMA"

Genesis 1:9 אֶל-מָקוֺם אֶחָד :
EL-MAQOM ECHAD
"Pada SATU Tempat"

Genesis 2:24 לְבָשָׂר אֶחָד:
LE-BASAR ECHAD
"untuk SATU Daging"

Ayat kejadian 2:24 ini adalah satu-satunya dalil yang kerap digunakan oleh pengikut Paulus sebagai argumen untuk mempertahankan doktrin bahwa makna ECHAD adalah KESATUAN.

Genesis 11:6 עַם אֶחָד
"SATU Bangsa"

Ayat di atas bukan bermakna satu kesatuan, melainkan pengunaan echad merujuk ke suatu komunitas yang lebih dari satu orang, ayat ini pun bukan dasar dari SATU KESATUAN.

Genesis 42:11 בְּנֵי אִישׁ-אֶחָד :
"beney isy-ECHAD"
"anak-anak SATU ayah"

Genesis 42:16 שִׁלְחוּ מִכֶּם אֶחָד :
"syilchu mikem ECHAD"
"utuslah darimu SEORANG"

Ayat-ayat diatas sudah jelas membantah bahwa kata ACHAD-ECHAD itu bukan bermakna SATU KESATUAN yang di anggap sebagai dasar trinitas!

Di dalam Targum kata ECHAD diterjemahkan menjadi CHAD [חד]
Jadi, di manakah dasarnya kata "echad" diartikan sebagai SATU KESATUAN TUHAN?

MENURUT KAMUS INDONESIA

[KBBI] esa num tunggal; satu;
— hilang, dua terbilang, pb berusaha terus dng keras hati hingga maksud tercapai; berbilang dr — , mengaji dr alif, pb melakukan sesuatu hendaknya dr permulaan;
ber=e=sa-e=sa=an v 1 cak berada seorang diri saja; 2 merasa lengang;
meng=e=sa=kan v menjadikan (menganggap) satu: ~ Tuhan (mengakui bahwa Tuhan hanya satu);
ke=e=sa=an n sifat yg satu: ~ Tuhan

[THESAURUS] esa n ahad, satu, tunggal;

[KAMUS SEASITE] esa ::: Tidak ada duanya; satu; tunggal; eka.

Sekali lagi, di manakah dasar ECHAD DAN ACHAD itu adalah SATU KESATUAN? Apalagi di dalam Al Ikhlash dan Syema' jelas maknanya ESA (SENDIRI) bukan dua ataupun tiga pribadi jadi satu.

3 komentar:

  1. Makna "satu" tentu bisa berbeda-beda tergantung konteks kalimatnya. Sebagai contoh, dalam Genesis 11:6, apabila kita membaca konteks perikopnya, 'satu' juga menunjuk kepada satu atau sama bahasa, satu atau sama cita-cita/tujuan, satu atau sama ideologi, dan satu tempat bermukim "di tanah Sinear". Dalam kitab Injil Yohanes, Yesus Kristus berkata: "Aku dan Bapa adalah satu. (Yoh. 10:30)". Untuk dapat memahami maksud dari kata "satu" dengan benar sesuai yang dimaksud oleh Yesus Kristus, perlu dibaca dalam konteks satu kitab Injil Yohanes selengkapnya.

    BalasHapus
  2. Sebenarnya maksudnya mudah, Yohanes 10:30 itu menegaskan Yesus itu benar-benar utusan Allah yang menyampaikan firman-Nya. Ajaran yesus itu murni dari Allah semua. Kalo kamu anggap yesus adalah tuhan, dari ayat itu, kamu sama ajah sama otak yahudi yang menganggap yesus mengaku tuhan. Bedanya yahudi ambil batu melempari yesus, kamu ambil rumput terus dikunyah.

    BalasHapus
  3. Untuk mendapatkan jawaban yang benar tentang arti Esa maka kalian harus mempelajari dulu dari manakah berasal nya angka 1 satu seperti halnya angka
    2 dua berasal dari 1+1=2 Atau angka 4 berasal dari 2+2=4
    Pertanyaan nya adalah dari mana berasal nya angka 1 ?

    BalasHapus