Jumat, 19 Juni 2015

MENGUNGKAP FAKTA SIAPA YANG DIKORBANKAN OLEH NABI IBRAHIM ISMAIL ATAU ISHAQ.

Siapakah anak yang dikorbankan Ibrahim, Ismail atau Ishak..?
*
*
Saya ingin mengupas risalah tersebut berdasarkan AL-Quran Dan Alkitab.
*
*
Seperti yang kita ketahui Menurut keimanan Kristen putra yang dikorbankan oleh Ibrahim adalah Ishaq, tetapi menurut keimanan Islam putra yang dikorbankan adalah Ismail.

*
*

Jadi berdasarkan kedua Pandangan keimanan ini tidak mungkin benar kedua-duanya, pasti salah-satunya saja yang benar.

*
*

SEKARANG MARI KITA KUPAS PRIHAL TERSEBUT MENURUT AL-QUR’AN
YANG MANA KISAH TERSEBUT TERTULIS  Pada  Surah Ash-Shaffat 100-13 ayat"nya adalah sbb:

*
*
100.    Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.

101.    Maka kami beri dia khabar gembira dengan seorang anak yang amat sabar.

102.    Maka tatkala anak itu sampai ( pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku Sesungguhnya Aku melihat dalam mimpi bahwa Aku me-nyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapat mu!” ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepada-mu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”.

103.    Tatkala keduanya Telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis (nya),(nyatalah kesabaran keduanya)

104.    Dan kami panggillah dia: “Hai Ibrahim,

105.    Sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.

106.    Sesungguhnya Ini benar-benar suatu ujian yang nyata.

107.    Dan kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.

108.    Kami abadikan untuk Ibrahim itu (pujian yang baik) di kalangan orang-orang yang datang kemudian

109.    (yaitu) ” Kesejahteraan dilimpahkan atas Ibrahim”.

110.    Demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.

111.    Sesungguhnya ia termasuk hamba-hamba kami yang beriman.

*
*
BERIKUT SAMBUNGAN DARI AYAT DIATAS.
*
*
112.  Dan kami beri dia kabar gembira dengan (kelahiran) Ishaq seorang nabi yang termasuk orang-orang yang saleh.

113.    Kami limpahkan keberkatan atasnya dan atas Ishaq dan diantara anak cucunya ada yang berbuat baik dan ada (pula) yang zalim terhadap dirinya sendiri dengan nyata. (Qs Ash-shaffat 100-113)

*
*

PENJELASAN SBB:

*
*

Sangatlah jelas ayat" diatas Bahwa:

Pada ayat 100 sampai ayat 111. Tertulis sebuah kisah dialog nabi ibrahim dengan ismail.
*
*
DILANJUT PADA AYAT 112-113 MENGISAHKAN SEBUAH KISAH YANG MANA ALLAH MEMBERIKAN KABAR AKAN KELAHIRAN SEORANG ANAK NABI IBRAHIM YANG KE 2 YAITU ISHAQ.
*
*
---------------©
*
*
Ayat" diatas memang tidak mencantumkan nama anak yang dikorbankan nabi Ibrahim as. namun bukan berarti tidak bisa diketahui siapa anak tersebut yang akan dikorban-kan.

Inilah ketinggian sastra Alqur’an, walaupun nama tak disebut, namun makna yang hakiki tetap bisa diketahui tentang siapa sebenarnya yang akan dikorbankan.

*
*

Coba perhatikan jawaban anak Nabi Ibrahim yang hendak dikorbankan itu perhatikan ayat 102 yang mana disana sangatlah jelas tertulis bahwa: NABI IBRAHIM BERKATA:
*
*

✔Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu”
*
*
LANTAS (ismail) menjawab:
*
*
✔Wahai ayah, lakukanlah apa yang telah diperintahkan kepadamu, Insya Allah ayah akan MENDAPATIKU sebagai anak yang sabar"
*
*
SETELAH ITU DILANJUTKAN:
*
*
Dalam ayat-ayat selanjutnya yang mana disana sangatlah jelas mengisahkan dialog antara nabi Ibrahim dengan Ismail tentang perintah penyembelihan dirinya (Ismail),

Kemudian setelah itu beliau berdua berhasil melalui ujian yang nyata tersebut dengan amat sabar, dan Allah Subhanahu Wa Ta’ala mengganti Ismail dengan seekor sembelihan yang besar.

*
*

Setelah al-Qur’an mengisahkan kisah antara nabi Ibrahim dengan putranya yaitu Ismail Tersebut.
*
*
PADA
*
*
ayat selanjutnya yaitu QS. As-Shaffat:112-113 Al-Qur’an mengisahkan bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan kabar baik akan datangnya seorang anak lagi yang bernama Ishaq yang berbunyi sbb:
*
*
✔Dan Kami beri dia kabar gembira dengan (kelahiran) Ishaq seorang nabi yang termasuk orang-orang yang saleh”. (QS. As-Shaffat:112)
*
*
Dari Ayat" tersebut memberikan gambaran yang sangat jelas bahwa lahirnya Ishaq

✔ADALAH SETELAH

Kisah penyembelihan ismail.
Jadi dengan demikian sangatlah jelas bahwa:  Al-Qur’an menyatakan Ismail-lah yang akan disembelih bukan Ishaq.
*
*
_________________________®
*
*
✔LANTAS BAGAI MANA DENGAN BIBEL..?

MENURUT BIBLE Nabi Ibrahim dan Istrinya Sarah adalah dari bangsa yang sama, Sarah mempunyai budak bernama Hajar dari Mesir. Dalam pernikahannya dengan Sarah nabi Ibrahim belum dikaruniai anak padahal umur mereka sudah mencapai sekitar 80 tahun.
Akhirnya Sarah memutuskan agar Ibrahim menikahi budaknya yaitu Hajar yang mana hal tersebut tertulis dalam ayat kejadian 16:1-3 yang berbunyi sbb:

*
*

“Adapun Sarai, isteri Abram itu, tidak beranak. Ia mempunyai seorang hamba perempuan, orang Mesir, Hagar namanya.
Berkatalah Sarai kepada Abram: “Engkau tahu, TUHAN tidak memberi aku melahirkan anak. Karena itu baiklah hampiri hambaku itu; mungkin oleh dialah aku dapat memperoleh seorang anak.” Dan Abram mendengarkan perkataan Sarai.
Jadi Sarai, isteri Abram itu, mengambil Hagar, hamba-nya, orang Mesir itu, — yakni ketika Abram telah sepuluh tahun tinggal di tanah Kanaan –, lalu memberikannya kepada Abram, suaminya, untuk menjadi isteri-nya.” (Kejadian 16:1-3)

*
*

Setelah hagar menjadi istri Ibrahim dan tinggal Bersama Hagar nabi Ibrahim mempunyai anak yang kemudian dinamainya Ismail, ketika itu nabi Ibrahim berumur 86 tahun sebagai mana yang tertulis pada ayat kejadian 16:16 yang berbunyi sbb:

*
*

Abram berumur delapan puluh enam tahun, ketika Hagar melahirkan Ismael baginya. (Kejadian 16:16)

D
A
N

ketika nabi Ibrahim berumur 99 tahun, Allah SWT menjanjikan seorang anak lagi namun dari pihak Sarah sebagai mana yang tertulis pada ayat-ayat sbb:

*
*

“Ketika Abram berumur sembilan puluh sembilan tahun, maka TUHAN menampakkan diri kepada Abram” ( Kejadian 17:1)
*
*
Aku akan memberkatinya, dan dari padanya juga Aku akan memberikan kepadamu seorang anak laki-laki, bahkan Aku akan memberkatinya, sehingga ia menjadi ibu bangsa-bangsa; raja-raja bangsa-bangsa akan lahir dari padanya.”(Kejadian 17:16)
*
*
✔SETELAH
*
*
setahun kemudian lahirlah anak dari Sarah yang diberi nama Ishaq, dua tahun ke-mudian nabi Ibrahim mengadakan perjamuan besar untuk menyapih Ishak, sehingga ketika:
*
*
✔Ishaq berumur 2 tahun.
✔Ismail berumur 16 tahun.
*
*
namun Sarah berubah pikiran setelah mempunyai anak, ia menyuruh nabi Ibrahim untuk mengusir Hajar dan Ismail dari rumah-nya, maka Hajar dan Ismail meninggalkan rumah Sarah.
Setelah itu Allah berfirman kepada nabi Ibrahim :

*
*

Firman-Nya: “Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishaq, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu.” (Kejadian 22:2)
*
*
Dalam ayat tersebut dikisahkan secara jelas dan gamblang bahwa Bible mengisahkan Ishaqlah yang dikorbankan untuk disembelih bukan Ismail.

*
*
✔BENARKAH DEMIKIAN..??
*
*
PERLU DIINGAT BAHWA: KISAH TERSEBUT BERDASARKAN BUKTI" PADA AYAT DIATAS. (TERJADI) KETIKA:
*
*
✔USIA ISHAQ ADALAH 2 Tahun.
✔USIA ISMAIL ADALAH 16 Tahun.
*
*
SAYA ULANGI.
KEJADIAN INI TERJADI KETIKA.
✔USIA ISHAQ 2 TAHUN.
✔USIA ISMAIL 16 TAHUN.

*
*

SEKARANG MARI KITA SIMAK AYAT KEJADIAN TERSEBUT SECARA UTUH, BERIKUT AYATNYA:

*
*

(KEJADIAN 22:1-6)

22:1Setelah semuanya itu Allah mencoba Abraham. Ia berfirman kepadanya: "Abraham," lalu sahutnya: "Ya, Tuhan."

*
*

22:2Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu."

*
*

22:3Keesokan harinya pagi-pagi bangunlah Abraham, ia memasang pelana keledainya dan memanggil dua orang bujangnya beserta Ishak, anaknya; ia membelah juga kayu untuk korban bakaran itu, lalu berangkatlah ia dan pergi ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya.

*
*

22:4Ketika pada hari ketiga Abraham melayangkan pandangnya, kelihatanlah kepadanya tempat itu dari jauh.

*
*

22:5Kata Abraham kepada kedua bujangnya itu: "Tinggallah kamu di sini dengan keledai ini; aku beserta anak ini akan pergi ke sana; kami akan sembahyang, sesudah itu kami kembali kepadamu."

*
*

22:6Lalu Abraham mengambil kayu untuk korban bakaran itu dan memikulkannya ke atas bahu Ishak, anaknya, sedang di tangannya dibawanya api dan pisau. Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama.

*
*
PENJELASAN.
*
*

Apakah kalian tidak mengalami keanehan setelah membaca ayat kejadian 22:1-6 diatas...?? Pastinya tidak. Jika ten ten membacanya tidak dengan penuh perasa.an.
*
*
✔KENAPA DEMIKIAN..?
*
*
COBA TEN TEN BACA DAN PERHATIKAN BAIK" BUNYI AYAT KEJADIAN 22:6 DIATAS YANG BERBUNYI SBB:
*
*
(Kejadian 22:6) "Lalu Abraham mengambil kayu untuk korban bakaran itu dan memikulkannya ke atas bahu Ishak, anaknya, sedang di tangannya dibawanya api dan pisau. Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama.
*
*
BAGAI MANA APAKAH SAUDARA/RI BELUM JUGA BISA MENANGKAP KEAEHAN PADA AYAT DIATAS JELAS"  DISANA. TERTULIS BAHWA:
*
*
"Nabi ibrahim mengambil KAYU UNTUK KORBAN BAKARAN ITU DAN MEMIKULKANNYA KEATAS BAHU ISHAQ"
*
*
Sungguh sangat aneh, ANAK YANG MASIH BER-USIA 2 tahun mampu membawa Kayu yang dipikulkan keatas pundaknya. SANGAT TIDAK WAJAR DAN SANGATLAH NYATA KEBOHONGAN TERSEBUT BAHWA:
*
*
BUKAN ISHAQ YANG DIKORBANKAN MELAINKAN ADALAH:
✔ISMAIL YANG MANA USIA DIA WAKTU ITU ADALAH 16 TAHUN YANG MANA ANAK DENGAN USIA DEMIKIAN SUDAH KUAT MEMBAWA BEBAN BERAT.......!!!! 😁
*
*
Jadi bila Hal tersebut bila kita kaji berdasarkan Al-quran maka sangatlah tepat yang mana pada ayat Qs as-shaffat 102 yang berbinyi sbb:

*
*

“Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, , Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu” (QS.As-Shaffat:102)

*
*

Yang dimaksud pada umur sanggup pada ayat diatas adalah ketika seseorang sudah bisa untuk mencari kayu bakar, mengembala kambing, mencari air dan lain-lain, dan ketika Ismail mencapai pada umur sanggup Ishaq belumlah lahir. Sebagai mana yang telah saya terangkan berdasarkan pada ayat" Diatas.

*
*
Mengenai ayat Kejadian 22:2 yang berbunyi sbb:
*
*
“Firman-Nya: “Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu.”

*
*

Ayat diatas sudah mengalami "Refisi" dengan menyisipkan kata (YAKNI ISHAQ)

*
*

Sebab dalam ayat Kejadian 16:16 tertulis sbb:
*
*
✔“Abram berumur delapan puluh enam tahun, ketika Hagar melahirkan Ismael baginya.”(kejadian 16:16)

*
*
DAN PADA AYAT KEJADIAN 21:15 TERTULIS SBB:
*
*
✔“Adapun Abraham berumur seratus tahun, ketika Ishak, anaknya, lahir baginya.”(Kejadian 21:15)
*
*
JADI
*
*
Sangatlah jelas Berdasarkan kedua ayat diatas bahwa, anak Ibrahim yang lahir lebih dahulu ialah Ismail; Jika Kejadian 22:2 menerangkan bahwa firman Tuhan kepada Ibrahim untuk mengorbankan “anak tunggal”, jelas pada waktu itu anak Ibrahim baru satu orang yaitu ismail.
*
*
__________________🚫

*
*
SAYA YAKIN BAHWA ORANG KRISTEN AKAN MENOLAK SEMUA KEBENARAN TERSEBUT YANG MANA KALIAN AKAN BERKATA DENGAN SEBUAH ARGUMEN SBB:
*
*
"Penyebutan Ishak sebagai anak tunggal Ibrahim pada ayat itu tidak lain karena Ismail terlahir dari budak dan merupakan anak tidak sah"

*
*

menurut saya pendapat ini sangatlah konyol dan tidak beralasan.
Bila orang kristen mau membaca ayat Kejadian 16:3 yang mana pada ayat tersebut dengan jelas menyebutkan bahwa sebelum Hajar melahirkan Ismail, ia telah di nikahi secara sah oleh Ibrahim silahkan baca berikut ayatnya:

*
*

(Kejadian 16:3)
“Jadi Sarai, isteri Abram itu, mengambil Hagar, hambanya, orang Mesir itu, yakni ketika Abram telah sepuluh tahun tinggal di tanah Kanaan—,lalu memberikannya kepada Abram, suaminya, untuk menjadi isterinya.”

*
*

Apakah sudara/ri Ten ten mau membantah dengan memakai ayat Kejadian 21:12  dengan mengatakan bahwa: keturunan Ibrahim adalah yang berasal dari benih Sarah, yang mana pada ayat itu tertulis sbb:

*
*

“Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: “Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sarah kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak”. (Kejadian 21:12

*
*

Perlu saudara ten ten ketahui bahwa tanpa saya sangkal. pernyataan ini sudah tertolak sendiri sebab pada ayat berikutnya yaitu Kejadian 21:13 tertulis sbb:

*
*

(Kejadian 21:13)
“Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun anakmu"
*
*
Bagai mana saudara/ri ten ten..?
Apa lagi yang mau kalian bantah..?
*__________
*
Ahir kata cukup sekian yang bisa saya sampaikan, tak lupa saya ucapkan.

Wassalam.

10 komentar:

  1. Pak...Abraham juga ga gila kali pak masa anak umur dua tahun manggul kayu...kalo diliat dari tanggal sensus nya sih iya ismael 16 thn ishak 2thn..tp kan bpk gak tau sejak sensus itu kapan Allah nyuruh berkorbannya? bacanya lanjutin dong sampai ayat 7,,di bukit moria tempat pembakaran hanya ada 2 manusia, abrahann dan ishak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu Tuhan itu beda dengan manusia, masa umur 2 tahun udah jalan jauh, ini ada reference utk dicerna: http://www.judaism-islam.com/was-abraham-commanded-to-sacrifice-isaac-or-ishmael/

      https://www.christiancourier.com/articles/1161-ishmael-or-isaac-the-koran-or-the-bible

      Hapus
  2. Kejadian 22 : 1-24

    22:1 Setelah semuanya itu Allah mencoba Abraham. Ia berfirman kepadanya: "Abraham," lalu sahutnya: "Ya, Tuhan."
    22:2 Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu.
    22:3 Keesokan harinya pagi-pagi bangunlah Abraham, ia memasang pelana keledainya dan memanggil dua orang bujangnya beserta Ishak, anaknya; ia membelah juga kayu untuk korban bakaran itu, lalu berangkatlah ia dan pergi ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya.
    22:4 Ketika pada hari ketiga Abraham melayangkan pandangnya, kelihatanlah kepadanya tempat itu dari jauh.
    22:5 Kata Abraham kepada kedua bujangnya itu: "Tinggallah kamu di sini dengan keledai ini; aku beserta anak ini akan pergi ke sana; kami akan sembahyang, sesudah itu kami kembali kepadamu."
    22:6 Lalu Abraham mengambil kayu untuk korban bakaran itu dan memikulkannya ke atas bahu Ishak, anaknya, sedang di tangannya dibawanya api dan pisau. Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama.
    22:7 Lalu berkatalah Ishak kepada Abraham, ayahnya: "Bapa." Sahut Abraham: "Ya, anakku." Bertanyalah ia: "Di sini sudah ada api dan kayu, tetapi di manakah anak domba untuk korban bakaran itu?"
    22:8 Sahut Abraham: "Allah yang akan menyediakan anak domba untuk korban bakaran bagi-Nya, anakku." Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama.
    22:9 Sampailah mereka ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya. Lalu Abraham mendirikan mezbah di situ, disusunnyalah kayu, diikatnya Ishak, anaknya itu, dan diletakkannya di mezbah itu, di atas kayu api.
    22:10 Sesudah itu Abraham mengulurkan tangannya, lalu mengambil pisau untuk menyembelih anaknya.
    22:11 Tetapi berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepadanya: "Abraham, Abraham." Sahutnya: "Ya, Tuhan."
    22:12 Lalu Ia berfirman: "Jangan bunuh anak itu dan jangan kauapa-apakan dia, sebab telah Kuketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku."
    22:13 Lalu Abraham menoleh dan melihat seekor domba jantan di belakangnya, yang tanduknya tersangkut dalam belukar. Abraham mengambil domba itu, lalu mengorbankannya sebagai korban bakaran pengganti anaknya.
    22:14 Dan Abraham menamai tempat itu: "TUHAN menyediakan"; sebab itu sampai sekarang dikatakan orang: "Di atas gunung TUHAN, akan disediakan."
    22:15 Untuk kedua kalinya berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepada Abraham,
    22:16 kata-Nya: "Aku bersumpah demi diri-Ku sendiri -- demikianlah firman TUHAN --: Karena engkau telah berbuat demikian, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku,
    22:17 maka Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan membuat keturunanmu sangat banyak seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut, dan keturunanmu itu akan menduduki kota-kota musuhnya.
    22:18 Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku.

    BalasHapus
  3. Lemahnya Alquran itu keliatan dari bnyak ayat pake tanda kurung. Dipaksakan supaya cocok sama ismael.
    Kalau alkitab sih jelas, lugas, tegas, ga mencla mencle, ga perlu sok2 ketinggian sastra.

    Kita boleh berdebat berdasarkan ktb suci, tp fakta sejarah mengatakan, Ibrahim ga pnh ke Kabah. jadi ya, cari kebenaran ajalah kamu muslim. jangan pembenaran terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagaimana dengan bible yang seayat ada tanda kurungnya bahkan ayat2nya banyak yg hilang. justru alkitab lah yg sadis soal ayatnya

      Hapus
  4. di penghujung upacara kurban hanya ada 2 aktor...yaitu ibrahim dan ishak, bkn ibrahim dan ismael...sdri ida tlah menunjukan bab kejadian 22 lbh lengkap...

    BalasHapus
  5. SATU KUNCI MENJAWAB SIAPA YG DIKORBANKAN IBRAHIM.
    LIHAT DIMANA IBRAHIM MELAKUKAN PENGORBANAN? BUKIT MORIA (YERUSALEM)!
    SBLM SAMPAI BUKIT YERUSALEM ISMAEL SDH DI USIR!

    JADI MASIHKAH KALIAN PERCAYA QURAN?
    DR AWAL AJ SDH MENIPU UMATNYA!

    BalasHapus
  6. SATU KUNCI MENJAWAB SIAPA YG DIKORBANKAN IBRAHIM.
    LIHAT DIMANA IBRAHIM MELAKUKAN PENGORBANAN? BUKIT MORIA (YERUSALEM)!
    SBLM SAMPAI YERUSALEM ISMAEL SDH DI USIR OLEH SARA KE GURUN PARAN TIMUR LAUT JAZIRAH SINAI (MESIR)!
    INI BUKTI SEJARAH YG AKURAT!

    BISAKAH ANDA BUKTIKAN KLO IBRAHIM TDK MELAKUKAN QURBAN ANAKNYA DI BUKIT MORIA?
    BISAKAH ANDA BUKTIKAN KEBERADAAN ISMAEL DI SAAT ITU (YERUSALEM)?

    JADI MASIHKAH KALIAN PERCAYA QURAN?
    DR AWAL AJ SDH MENIPU UMATNYA!

    BalasHapus
  7. Perlu dipahami sebelum Kejadian 22:1-19 mengenai pengorbanan Ishak, di Kejadian 21:34 diceritakan bahwa "Dan masih lama Abraham (Ibrahim) tinggal sebagai orang asing di negeri orang Filistin", selanjutnya baru masuk pada kisah 22:1 "Setelah semuanya itu Allah mencoba Abraham (Ibrahim). Ia berfirman kepadanya "Abraham", lalu sahutnya "Ya, Tuhan". " dan selanjutnya kisah Ishak dikorbankan.
    Jadi sebenarnya tidak bisa diambil kesimpulan bahwa Ishak berumur 2 tahun waktu akan dikorbankan karena kejadian itu lama setelah kejadian Ismail dan ibunya diusir, lalu Ibrahim masih lama tinggal di negeri Filistin.
    Just be smart, jangan kisahnya dipenggal atau dicopot sebagian2.

    BalasHapus
  8. Salam hormat.

    Setelah saya meneliti kedua-dua kitab quran dan kitab kejadian yang menceritakan kisah nabi ibrahim. Saya ingin berkongsi satu pengalaman penemuan yang mungkin berguna untuk dikongsikan di sini.

    Saya harap pembaca dan pengendali web ini dapat berlapang dada dengan apa yang akan saya sampaikan nanti. Setelah menelitinya, saya dapati yang disembelih ialah semua lelaki dalam keluarga nabi ibrahim. Penyembelihan ini menjadi ikutan kepada umat-umat lelaki selepasnya hingga sekarang.

    Inilah perjanjian kekal antara tuhan dan nabi ibrahim iaitu semua anak-anak lelaki hendaklah disembelih. Kemudian, sebagai tanda kelahiran anak lelaki, kita membuat penyembelihan besar iaitu akikah seekor kambing atau sebahagian daripada tujuh bahagian seekor lembu.

    Saya lihat beberapa ayat-ayat quran yang sengaja kelihatan ada pertikaian supaya kita mengkajinya hingga kiamat. Dari kajian-kajian, kita akan menemui kebenaran.

    Untuk membandingkan kisah penyembelihan, kita boleh membandingkan ayat quran Ash Shafaat ayat 100-113 dan kitab kejadian 17 iaitu perjanjian antara tuhan dan nabi ibrahim. Saya lihat, boleh jadi selama ini kita terpengaruh dengan kandungan kitab kejadian 22 yang saya lihat sengaja diada-adakan untuk dijadikan asas hujahan mereka mempertikaikan kita.

    Saya lihat ayat kejadian 22 sengaja diada-adakan untuk menarik perhatian kita supaya merujuk ayat quran Ash Shafaat ayat 100-113 dengan ayat ini. Dengan cara itu kita kehilangan asas kenapa orang lelaki bersunat.

    mudah-mudahan berguna, kepada tuhanku aku berserah diri.

    BalasHapus